Sintaks Pembelajaran Sd

Nama : Muhamad Misbachul Munir
Nim : 1401418184
SINTAK PEMBELAJARAN PKn SD
KELAS IV/SEMESTER I
Tema         :1 (Indahnya Kebersamaan)
Subtema     :1 (Keberagaman Budaya Bangsaku)
Pembelajaran 4 Fokus PPKn
KD 3.4    Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat dengan persatuan dan kesatuan.
KD 4.4    Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa , sosial, budaya di Indonesia yang terikat dengan persatuan dan kesatuan.
Indikator    :
3.4.1    Memahami konsep persatuan dan kesatuan
4.4.1    Menyebutkan contoh-contoh keberagaman di Indonesia Memahami konsep persatuan dan kesatuan.
Tujuan Belajar : 
  1. Setelah demonstrasi , siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.
  2. Setelah berdiskusi , siswa mampu menyebutkan contoh-contoh sikap  persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan dengan benar
Pendekatan        : Berpusat pada peserta didik(students center).
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Media : 
  1. Buku siswa
  2. Sapu lidi
Langkah Kerja (Sintak) :
  1. Pemberian rangsangan 
  2. Identifikasi masalah
  3. Pengumpulan data
  4. Pengolahan data
  5. Pembuktian
  6. Menyimpulkan
Langkah kerja
Aktivitas Guru
Aktivitas Peserta Didik
Pemberian rangsangan
  • Guru meminta peserta didik  mendemonstrasikan penggunaan sapu lidi.
  • Guru meminta siswa untuk membaca teks di buku siswa
  • Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang merangsang rasa ingin tahu peserta didik.
  • Peserta didik mendemonstrasikan penggunakan sapu lidi sesuai arahan guru.
  • Siswa membaca teks pada buku siswa Siswa menjawab pertanyaan dari guru sebagai stimulasi agar termotivasi untuk mencari tahu lebih lanjut.
Identifikasi Masalah
  • Guru membimbing peserta didik mencari masalah-masalah yang berkaitan dengan bahan pelajaran
  • Peserta didik mencari tahu hal hal yang berkaitan dengan materi, selanjutnya di susun menjadi pertanyaan atau hipotesis.
  • Pengumpulan data
    • Guru membimbing sisia mencari informasi-informasi dengan membaca dan bertanya yang digunakan untk menjawab pertanyaan atau membuktikan hipotesis.
  • Peserta didik mencari informasi-informasi dengan membaca, mengamati  dan bertanya yang digunakan untk menjawab pertanyaan atau membuktikan hipotesis.
  • Pengolahan data
    • Guru melakukan bmbingan saat peserta ddik melakukan pengolahan data
  • Peserta didik melakukan pengolahan infromasi yang telah terkumpul
  • Pembuktian
    • Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menemukan konsep-konsep yang dialami dalam kehidupannya.
  • Peserta didik melakukan pemeriksaan terhadapa data-data yang telah dikumpulkan.
  • Menyimpulkan
    • Guru membimbing peserta didik mengeneralisasikan semua informasi yang telah di dapat dan diverifikasi.
  • Peserta didik menyimpukan sebuah konsep berdasarkan inormasi yang telah dibuktikan.

  • Penilaian : Tes Lisan
    Tujuan Penilian :
    1. Untuk mengetahui pengetahuan yang didapat peserta didik tentang pentingnya sikap persatuan dan kesatuan
    2. Untuk mengetahui pengetahuan yang didapat peserta didik tentang contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Makalah Kurikulum Muatan Lokal

    Cara Menghafal Dhasa Dharma

    Tumbuhan Klorofil